Syawal

Bercampur aduk rasa di hati ini. Ada rasa sedih, ada rasa gembira. 
Rasa gembira terasa di hati karena telah (merasa) berhasil melewati ujian selama satu bulan di Ramadhan. Ujian kesabaran, sebagai bukti keimanan seorang Muslim, telah terlalui. Di akhiri dengan rasa kemenangan menaklukkan syahwat, nafsu dan amarah. 
Di sisi lain, rasa sedih tetap menggeluti hati. Sedih karena bulan Ramadhan telah berlalu. Sedih, karena masa pengampunan telah berlalu. Sedih karena lewat sudah masa dimana semua amalan diperhitungkan berlipat ganda. Terbersit rasa khawatir bila ajal mendahului sebelum berjumpa kembali dengan Ramadhan berikutnya. 
Ramadhan berlalu, Syawal tiba. 
1 Syawal ditandai dengan ajang silaturrahim. Kala setiap Muslim (berusaha) menyempatkan waktu untuk berjumpa sanak saudara. Tidak jarang, upaya perjumpaan ini pun harus dilalui dengan upaya dan rencana serta persiapan, baik secara fisik maupun finansial. “Mudik” adalah salah satunya. Lainnya adalah berkunjung ke orang tua atau saudara (bagi yang masih hidup) atau berziarah ke makam (bagi yang sudah mendahului).
Alhamdulillah, kami melalui Syawal kali ini dengan kunjungan dan pertemuan dengan hampir seluruh sanak saudara yang memungkinkan. Rute perjalanan sejak awal pagi dari kawasan Tebet, menuju kawasan Pejaten, lanjut ke Pamulang, Tanjung Barat dan terakhir di daerah Bantar Gebang. Cukup menyita tenaga. Perjalanan yang dipenuhi dengan padatnya jalanan. Namun, kembali alhamdulillah, semua itu terbayar dengan perjumpaan dengan orang-orang yang kita kasihi.
Larut malam, tetapi kembali bersiap untuk kembali terbangun pagi untuk sahur dan melanjutkan puasa di awal Syawal. 
Bismillah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s